Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 16 Juli 2014

Energi Chi



Energi Chi


Kita sering mendengar kata aliran cchi miasalnya dalam film film kungfu.Sebenarnya apa itu  CHI…? Dalam pengobatan cina, akupunktur, repleksi kita sering mendengar tentang Chi (Qi). Chi dalam bahasa Tionghoa adalah aliran energi. Aliran chi atau aliran energi dalah tenaga dari alam dan tubuh kita yang menyatu.
Energi Chi mengalir di dalam tubuh dengan cara yang sama seperti darah. Disepanjang pusat tubuh terdapat tujuh pemusatan energi yang disebut chakra yang mirip dengan organ besar tempat darah berkumpul. Energi yang menyebar dari chakra ada 14 jalur energi chi yang disebut meridian. Ke-14 jalur energi itu mengalir melalui tangan, lengan, torso dan kepala. Seperti aliran darah dan kapiler, mereka membawa energi chi ke saluran-saluran yang lebih kecil sampai setiap sel terisi dengan darah dan energi chi.


 Apa Fungsi dari energi Chi :
1. Mengaktifkan, menggerakkan, untuk tumbuh kembang dan aktifitas jaringan organ, meridian, sirkulasi cairan darah dan hasil dari metabolisme.
2. Melindungi dan memperkuat sistem imunisasi tubuh, sehingga tubuh menjadi tahan terhadap serangan penyebab penyakit luar dan penyakit dari dalam dan mengusir penyakit tersebut.
3. Menghangatkan dan mengatur panas tubuh
4. Mengontrol dan mengendalikan darah, urin, air liur, enzim dan hasil pembuangan sehingga mereka berjalan pada tempatnya dalam jumlah tertentu yang seimbang.
Aliran Chi juga dapat membangkitkan tenaga dalam, yang bertujuan antara lain sbb :
1. Untuk kesehatan mental dan fisik.
2. Untuk bela diri
3. Tenaga fisik menjadi jauh lebih kuat apabila tenaga dalam sudah mencapai tingkat tertentu. Apabila dengan tenaga fisik biasa seseorang hanya mampu mengangkat beban 50kg, dengan dibantu penyaluran tenaga dalam maka orang tersebut dapat mengankat beban yang lebih berat dari itu.
4. Untuk mempertajam panca indera. Kelima panca indera mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, indera peraba dan perasa menjadi lebih peka pada lingkungan tertentu.
5. Untuk membangkitkan indera keenam.Indera keenam atau Extra Sensory Perception ( ESP ) bila sudah bangkit maka firasat seseorang akan menjadi tajam dan bisa mengetahui adanya bahaya sebelum terjadi.
6. Untuk  pertunjukan atau atraksi menghancurkan benda-benda keras. Target kesanggupan memecahkan benda keras tersebut tergantung dari tingkat tenaga dalam yang dikuasai. Makin tinggi tenaga dalam yang dikuasai seseorang, makin besar daya hancur sasarannya.
7. Untuk meringankan tubuh
8. Untuk memperkuat memori otak
9. Untuk perawatan dan penyembuhan penyakit yang tidak dirawat oleh ilmu kedokteran modern
10. Untuk mendeteksi penyakit jarak dekat dan jarak tak terbatas, bisa untuk membantu kalangan medis yang tidak dapat menemukan penyakit seseorang. Dengan menggunakan pendeteksian tenaga dalam tanpa disentuh, dapat menemukan kelainan fungsi bagian tubuh untuk pemeriksaan ulang dilaboratorium.

0 komentar:

Posting Komentar